Menu Close

Sabar Dalam Ketaatan Itu Berat

Bola.com, Jakarta – Rintangan akan terus menghadang perjalanan manusia. Seolah, kamu dituntut untuk bisa lebih sabar dalam menghadapi cobaan. Diakhir tausyiahnya, ustas Hamid mengingatkan jamaah agar bersabar dalam menjalani Slot Online rutinitasnya sehari-hari, baik di rumah, di kantor atau dalam masyarakat. “Seorang atasan harus bersabar menghadapi bawahannya dan sebaliknya bawahan harus bersabar melaksanakan perintah atasannya,” kuncinya.

Saat orang tua sedang sibuk melakukan aktivitas, dan anak meminta sesuatu, tunjukkan kepada anak apa yang sedang orang tua lakukan dan minta ia melakukan hal yang sama. Biasanya anak terlatih dengan sendirinya untuk mengalihkan perhatian, dengan sikap sederhana dari orang tuanya, yaitu dengan orang tua sering mengatakan, “Tunggu dulu, ya”, ketika anak mulai meminta sesuatu. Anak akan meresapi kata-kata ‘tunggu’ dan mencari cara atau aktivitas lain selama menunggu hingga akhirnya orangtuanya meresponsnya atau memenuhi permintaannya. Menumbuhkan sikap sabar pada anak memang membutuhkan latihan terus menerus.

Menahan kesabaran terhadap orang- orang sekitar

Dengan menjadi pribadi yang ikhlas, kamu akan mampu pasrah atas segala kondisi kehidupanmu tanpa terlalu terbebani atas tuntutan orang lain. Selalu bersyukur dan ikhlas akan membantumu melihat hikmah dari segala persitwa dalam hidupmu. Menetapkan batasan dengan poisonous dad and mom memang terlihat cukup sulit, terlebih jika kamu masih tinggal dalam satu rumah. Untuk menetapkan batasan ini kamu harus bersikap asertif, yaitu tegas dan percaya diri dalam berkomunikasi tanpa memancing respons negatif dari lawan bicara. Apakah kamu merasa tidak diberi ruang untuk mengambil keputusan, dianggap selalu salah, atau mendapatkan kekerasan fisik dan verbal dari orang tua? Jika iya, bisa jadi kamu mendapatkan pola asuh poisonous dad and mom.

Kata kunci dalam memanage segalanya, tidak hanya soal ibadah, mungkin juga kuliah atau pekerjaan adalah “prioritas” . Jika studi/ kuliah merupakan prioritas pertama, maka waktu harus diberikan sebagian besarnya untuk studi/ kuliah pula, sehingga kegiatan-kegiatan lain yang sifat sekunder berada di bawahnya dalam skala prioritas. Mungkin banyak orang yang sudah berujar bahwa keberhasilan bukanlah semata persoalan kecerdasan, sekalipun itu sangat menentukan, melainkan juha persoalan memanage waktu. Kata al-‘ashr semula bermakna memeras, yaitu menekan sesuatu sehingga isinya keluar. Para ulama sepakat mengartikannya dalam konteks ayat ini dengan “waktu”. Namun, bukan sekadar “waktu” yang ingin ditekankan maknanya di sini, melainkan konsekuensi masa lalu yang berakibat ke masa berikutnya .

Memaklumi bahwa segala yang ada di dunia ini yang tidak selalu berjalan mulus dan sempurna, termasuk setiap manusia juga tidak ada yang sempurna, bahkan diri kita sendiri juga jauh dari sempurna. Terkadang jika seseorang ditimpa suatu musibah, kesabarannya dalam menghadapinya lebih berat daripada melaksanakan suatu ketaatan, seperti seseorang kehilangan kerabatnya atau temannya ataupun istrinya. Maka, kita akan dapati orang yang berusaha untuk sabar terhadap musibah ini sebagai suatu kesulitan yang besar. Jadi, masyarakat Indonesia yang beragama Islam dan berada di zona hijau dan kuning, tahun ini patut bersyukur. Sebab, diberikan kelonggaran beribadah di bulan puasa melebihi apa yang diterima oleh penduduk di negara Islam lainnya. Ingat, semua dilakukan tetap dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan membatasi kapasitas tempat agar bisa saling menjaga jarak.

Sebenarnya, cara melatih kesabaran anak cukup mudah, berikan kesempatan pada anak Anda untuk berlatih sabar dan menunggu. Para peneliti menemukan bahwa anak yang sabar menunggu adalah anak-anak yang memiliki kemampuan untuk mengalihkan perhatian. Misalnya, dengan bernyanyi atau melakukan aktivitas seru di depan cermin saat mereka harus menunggu sesuatu. Semua orang memiliki sifat yang berbeda; ada yang pribadinya disukai ada juga yang sebaliknya.

Kata kata bijak mungkin menjadikan motivasi anda untuk terus berfikir positif dan terus berproses didalam kehidupan. Lihatlah keteguhan Sa’ad bin Abi Waqqash radhiyallahu ‘anhu yang dipaksa oleh ibunya untuk meninggalkan Islam sampai-sampai ibunya bersumpah mogok makan dan minum bahkan tidak mau mengajaknya bicara sampai mati. Cara meredakan emosi suami adalah dengan tidak memaksa kehendak kita. Memberi masukan boleh saja, tapi bukan berarti setiap masukan yang Moms berikan langsung harus dilakukan oleh suami ya. Bisa meredakan emosi menjadikan seseorang dianggap sebagai orang yang kuat. Karena memang hal tersebut sulit dilakukan olah kebanyakan orang.