Menu Close

Munculnya 10 Peluang Bisnis Baru Dari Hidup Regular Di Masa Pandemi

Santi menambahkan bahwa penjualan yang dilakukannya tidak dilakukan secara retail, melainkan dengan sistem korporat. Pekerja melakukan perawatan sayuran kale yang ditanam dengan sistem pertanian organik, Pertanian menjadi andalan di masa pandemi. Tak hanya itu, Anda bahkan bisa meraih pendapatan tambahan dari bisnis pembuatan web site lewat afiliasi. Selain itu pencarian dengan kata kunci “lunch box” atau kotak makan juga meningkat dalam masa pandemi. Ditambah lagi, banyak influencer yang melakukan make-up challenge di rumah.

Mengingat hal tersebut, Sobat bisa menjual ramuan obat natural yang mampu menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh, seperti daun sereh, jahe, kencur, kunyit, dan temulawak. Tak heran, bahan utama ramuan herbal tersebut mengalami kenaikan harga yang signifikan saat pandemi Covid-19. Bisnis e-commerce menjadi kebutuhan utama publik dalam bertransaksi di masa pandemi ini, mengingat masyarakat takut berbelanja secara langsung sehingga untuk pembelian beberapa kebutuhan dilakukan secara online melalui platform-platform e-commerce. Sementara edutech karena pemerintah masih menganjurkan belajar dari rumah dan kesehatan karena masyarakat masih khawatir penyebaran Covid-19 jika hanya sekedar berkonsultasi ke rumah sakit.

KOndisi terkini bisnis di saat pandemi

Baik sebagai tempat jual beli, sarana membangun branding, hingga membuat bisnis lebih dipercaya. Faktanya, berdasarkan survei Verisign, 65% pemilik bisnis mengatakan bahwa website dapat membuat bisnis mereka lebih kredibel. Nah, jika kita kulik lebih dalam, anjuran untuk #dirumahaja ternyata membuat mereka memiliki lebih banyak waktu untuk merawat diri. Jadi, hal ini bisa menjadi peluang ubagi pebisnis kosmetik untuk menjual lebih banyak produk. Mungkin pertama bisa mencari saran, dan cobalah membaca ideas Bola Online menjadi pengusaha yang tersedia baik dari media on-line maupun offline,” ujar Konsultan Bisnis Suhendro S.E., M.M.

Anda bisa menawarkan jasa pengembangan web dan penyediaan kontennya untuk mendapat uang tambahan. Di antara situs yang dapat diakses untuk mengajar online adalah GoOverseas.com dan TeachAway. Melalui situs tersebut, Anda dapat mengajar bahasa Inggris online untuk siswa dari Cina, misalnya. Agar bisa menghasilkan uang, pastikan memonetisasi video dengan mengenakan biaya langganan atau konten yang dilindungi sandi hanya untuk pelanggan yang membayar.

Seperti yang dikatakan oleh Senior Data Scientist Lembaga Riset Teknologi Informasi dan Telekomunikasi Sharing Vision, Dimitri Mahayana bahwa selama pandemi, terjadi booming pemakaian m-banking dan e-money, yaitu naik 50%. Model B2A dan C2A sama-sama terkait dengan gagasan efisiensi dan kemudahan penggunaan layanan yang diberikan untuk masyarakat oleh pemerintah, juga dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi. E-commerce jenis ini berkembang dengan sangat cepat karena adanya dukungan web site serta banyaknya toko virtual atau bahkan mal yang menjual beragam kebutuhan masyarakat. E-commerce ini biasa digunakan oleh penjual atau produsen yang serius menjalankan bisnis dan mengalokasikan sumber daya untuk mengelola situs sendiri.

Menciptakan inovasi produk berdasarkan kebutuhan adalah salah satu strategi bisnis untuk bertahan di tengah pandemi. Permintaan masker kain yang meningkat selama pandemi membuat banyak pemilik bisnis dari segala bidang banting setir menciptakan produk-produk yang diperlukan masyarakat. Pelaku bisnis makanan pun beralih menyediakan catering, hingga frozen meals yang dapat disimpan sebagai stok bagi para pelanggannya. Dengan memahami kebutuhan pasar yang sedang meningkat, dan berinovasi, anda akan lebih mudah mempertahankan kelangsungan bisnis di tengah pandemi ini.

Hal ini yang membuat bisnis di industri pendidikan dan pelatihan lebih mampu bertahan saat perekonomian dalam kondisi yang buruk. Berbagai latar berlakang tersebut menjadi alasan yang membuat bisnis kesehatan termasuk salah satu yang bisa bertahan di masa krisis sekalipun. Salah satu faktor yang menyebabkan usaha makanan berpeluang menjanjikan dalam masa pandemi adalah karena masyarakat membutuhkan pasokan makan dan minum dalam kondisi apapun bahkan kondisi serba sulit sekalipun. Kalangan Bank Perkreditan Rakyat diharapkan ikut menggerakan para pelaku UMKM saat pandemi Covid-19 dengan menyalurkan kredit usaha atau pendampingan dalam memasarkan produk. Dengan begitu, kebutuhan para pembeli akan mudah terpenuhi dengan hanya melakukan transaksi secara online.