Menu Close

Cara Membuat Struktur Organisasi Dengan Mudah

Nah, lebih lanjut, pola koordinasi menjadi hal yang important bagi semua pemimpin di berbagai tingkat untuk mencapai tujuan tim. Jika pola koordinasi baik maka tujuan tim akan mempunyai lebih besar kemungkinan untuk tercapai jika dibandingkan dengan pola koordinasi yang buruk. Terkadang pasti membingungkan, kenapa koordinasi yang yang sudah direncakan tidak teraplikasikan dengan baik, ataupun di waktu rapat berjalan lancar namun waktu eksekusinya sering berjalan kurang baik. Nah, mungkin ada hal-hal yang masih miss dari perhatian kita dalam berkoordinasi dengan anggota tim.

Seorang pemimpin tidak hanya berorientasi pada proses saja, melainkan juga dapat menetapkan dengan jelas apa saja hasil yang harus dicapai. Human abilities, adalah pengetahuan dan kemampuan untuk bekerja dengan baik dengan semua orang, serta membina hubungan dengan semua lapisan organisasi. Tanggung jawab yang harus dipenuhi Manajemen SDM dalam hal ini adalah mempersiapkan dan mengadakan pelatihan, pembinaan dan bahkan pendidikan yang dapat meningkatkan kemampuan karyawan dan mengembangkan karirnya. Tugas ini termasuk melakukan monitor dan evaluasi sehingga ditemukan apakah terdapat kemajuan atau justru kemunduran dalam organisasi karena kinerja tersebut. Jika terdapat masalah dalam kinerja karyawan; koordinasi dan pendisiplinan perlu dilakukan.

PIP, yang juga disebut sebagai Performance Action Plan , merupakan sebuah rencana tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja para karyawan berkinerja buruk dengan harapan bahwa akan ada perubahan. Sistem informasi produksi menjadi aspek ketiga yang dimiliki oleh manajemen operasional. Aspek ini menuntut manajemen operasional agar bisa memberikan dan mengolah informasi dalam perusahaan dengan akurat dan cepat. Secara umum, ada 3 bagian sistem informasi perusahaan, yakni informasi internal, pelanggan, dan pasar yang harus bisa dikelola dengan baik agar kegiatan produksi mampu bekerja efektif serta efisien. Lanjut ke fungsi yang ketiga, fungsi penggerakan, manajemen operasional harus memiliki sikap kepemimpinan, pengawasan, serta motivasi para seluruh karyawan perusahaan.

Cara mengatur suatu organisasi/ perusahaan

1) Sumber daya manusia , meliputi tenaga kerja/karyawan, baik dari degree operasional sampai dengan manajerial. Perencanaan dalam suatu perusahaan merupakan hal kompleks, maka dari itu perencanaan yang meliputi berbagai bidang jika tanpa koordinasi yang baik dapat menimbulkan benturan-benturan yang berakibat merugikan. Pengawasan yang terencana dapat mengetahui penyelewengan yang terjadi. Agar dapat membuat perencanaan yang baik, maka manajer memerlukan data-data yang lengkap, dapat dipercaya serta aktual.

Tidak terkecuali untuk kinerja manajemen yang perlu merencanakan kebijakan-kebijakan strategis ke depan seperti apa. Semua harus terencana dan terstruktur agar komponen-komponen yang terlibat di dalamnya dapat bekerja dengan efektif, tidak memboroskan waktu dan biaya. Jika struktur, workflow, dan job description sudah ada, tahap selanjutnya adalah melakukan placement. Pada saat melakukan placement, kita tidak bisa sembarangan menempatkan seseorang dalam suatu jabatan atau pekerjaan.